Diseminasi Inovasi Precision Farming pada Sistem Produksi Kopi dan Cascara

Foto bersama tim riset SITH ITB dengan KWT Mekar Mandiri Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Pada hari Sabtu, 13 November 2021, Tim riset dari Sekolah Imu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) yang beranggotan Dr. Muhammad Yusuf Abduh dan Prof. Dr. Robert Manurung, M.Eng. dari Kelompok Keilmuan Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk (KK ATB) dan Dr. Ir. Mia Rosmiati dari Kelompok Keilmuan Manajemen Sumber Daya Hayati (KK MSDH) mengadakan kegiatan “Diseminasi Inovasi Precision Farming pada Sistem Produksi Kopi dan Cascara” yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh 10 peserta dari anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Mandiri di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Muhammad Yusuf Abduh (KK ATB) selaku ketua tim riset dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Cibunar yaitu Ibu Heni Susilawati. Kemudian dilanjutkan sesi pemaparan materi “Pemanfaatan Limbah Kopi menjadi Produk yang Enak dan Segar” oleh Dr. Ir. Mia Rosmiati, M.P. (KK MSDH).

Sesi pemaparan materi oleh Dr. Ir. Mia Rosmiati, M.P.

 

 

 

 

 

Sesi serah terima alat kegiatan diseminasi oleh tim riset SITH ITB kepada KWT Mekar Mandiri

Setelah pemaparan materi selesai disampaikan, dilakukan serah terima alat kegiatan diseminasi dan dilanjutkan foto bersama. Kemudian dilanjutkan praktik pembuatan biskuit cascara dan bolu marmer cascara yang memanfaatkan cascara sebagai salah satu bahan campurannya. Selain pembuatan tersebut, peserta juga melakukan praktik pembuatan minuman dari cascara yang diberi nama Cascara Milk Tea. Peserta diseminasi sangat antusias dalam kegiatan ini karena dapat langsung mempraktikan materi yang diberikan dan menurut salah satu peserta pembuatan kue dan minuman dari cascara ini sangat mudah untuk dilakukan.

Sesi pembuatan kue dan minuman dari berbahan cascara

Produk biskuit cascara, bolu marmer cascara, dan cascara milk tea

Sebelum kegiatan selesai, Kepala Desa Cibunar dan Ketua KWT Mekar Mandiri menyampaikan apresiasi atas keberlangsungan kegiatan ini yang sudah dilaksanankan oleh pihak SITH ITB. Tim riset dari SITH ITB juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta dari KWT Mekar Mandiri yang sudah hadir dalam kegiatan diseminasi tersebut dan berharap agar materi yang sudah disampaikan dapat dipraktikkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Desa Cibunar.

Tautan video kegiatan diseminasi:

 

Berikut tautan berita di media IniSumedang.Com:

https://inisumedang.com/tingkatkan-pendapatan-petani-kopi-sith-itb-gelar-pelatihan-pemanfaatan-cascara/

Berita Terkait