Webinar Internasional: Aplikasi Machine Learning dan Internet of Things untuk Agroindustri

Pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021, Kelompok Keilmuan Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk SITH ITB mengadakan International Webinar online via Zoom dalam rangka Visiting Professor Program. Kegiatan ini diikuti oleh 88 peserta dimulai pada pukul 13.00 dengan pembukaan dari Ketua Kelompok Keilmuan Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk (KK ATB) yakni Dr. Agus Dana Permana. Kemudian dilanjutkan ke sesi pemaparan materi yang di moderatori oleh Dr. Muhammad Yusuf Abduh. Pemaparan materi pertama dilakukan oleh Vladimir Pedanov, Ph.D. (Rusia) yang menjelaskan tentang “Application of IoT and AI for Industrial Insects Farming” untuk budidaya jangkrik dan lalat tentara hitam. Pemaparan materi kedua dilakukan oleh Dr. Juro Miyasaka (Jepang) selaku Visiting Professor KK ATB yang menjelaskan “Machine Learning Application for Agriculture – Challenge Small Data” untuk menentukan prediksi pertumbuhan tanaman pertanian berdasarkan data yang terbatas.

Poster International Webinar

Setelah pemaparan materi selesai disampaikan, dilakukan foto bersama dan kemudian dilanjutkan sesi diskusi panel. Para peserta sangat antusias terhadap pemaparan materi sehingga banyak pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta diantaranya yaitu ketertarikan akan budidaya jangkrik dan lalat tentara hitam yang dapat dimonitoring dalam sebuah aplikasi, berapa banyak data yang dibutuhkan untuk memprediksi pertumbuhan tanaman, dan faktor pembatas dalam memprediksi pertumbuhan tanaman.

Di akhir sesi diskusi panel, para pemateri memberikan pernyataan penutup untuk memberikan semangat kepada peserta. Setelah itu dilakukan pemberian sertifikat kepada pemateri dan moderator oleh Dr. Agus Dana Permana sebagai bentuk apresiasi. Kemudian moderator mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah hadir sebelum menutup acara ini.

Sesi Foto Bersama Peserta International Webinar

 

Sesi diskusi panel oleh Dr. Muhammad Yusuf Abduh selaku moderator dengan Dr. Juro Miyasaka dan Vladimir Pedanov, Ph.D selaku pemateri

Berita Terkait