Budidaya Vertikultur Secara Hidroponik oleh KK ATB di Rusun Dosen ITB Jatinangor.

Penulis: Dr. M. Yusuf Abduh dan Indrawan Cahyo Adilaksono, S.TP., M.Sc.Agr,

Pada bulan Oktober 2019, Kelompok Keilmuan Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk (KK-ATB) SITH ITB melaksanakan uji coba budidaya tanaman sayuran bertingkat (vertikultur) secara hidroponik di Rusun Dosen ITB Jatinangor.

Kegiatan budidaya ini dipimpin oleh Dr. M. Yusuf Abduh dan didukung oleh Indrawan Cahyo Adilaksono, S.TP., M.Sc.Agr, Mochammad Firmansyah, S.T., M.Si.  dan Dr. Ima Mulyama Zainuddin. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk meninjau kemungkinan budidaya tanaman sayuran bertingkat (vertikultur) menggunakan metode hidroponik dilakukan secara kolektif dilakukan oleh civitas akademika yang tinggal di Rusun Dosen ITB Jatinangor dan sayuran yang dihasilkan dapat didistribusikan dan dikonsumsi oleh penghuni di Rusun Dosen ITB Jatinangor.

Gambar 1. Instalasi vertikultur secara hidroponik di Rusun Dosen ITB Jatinangor

Kegiatan uji coba budidaya tanaman sayuran secara vertikultur ini menggunakan sebuah tower yang terbuat dari pipa PVC yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan dilengkapi sistem pendukung lain seperti, sistem aerasi, sistem irigasi, dan sistem pencahayaan. Dimana, proses budidaya tersebut tidak hanya mampu dilaksanakan dalam ruang yang terbatas namun juga dilaksanakan di dalam ruangan (indoor cultivation). Pengamatan dan pemeliharan tanaman seperti pengecekan pH dan elektrik konduktivitas dari larutan nutrisi serta pengecekan kondisi fisik tanaman sayuran dilaksanakan setiap 2 hari sekali hingga panen.

Terdapat 2 jenis tanaman sayuran yang dibudidayakan yaitu kangkung dan selada hijau keriting. Hasil panen yang diperoleh kemudian didistribusikan kepada penghuni Rusun Dosen ITB Jatinangor dosen di linkungan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB. Panen tanaman selada hijau dilakukan pada tanggal 19 Oktober 2019 sedangkan panen tanaman kangkung dilakukan pada tanggal 11 November 2019. Ke depannnya, kegiatan ini diharapkan dapat ditingkatkan dan mampu menjadi langkah awal dalam penerapan teknologi tepat guna yang sedang dikembangkan oleh KK ATB khususnya yang terkait dengan sistem budidaya tanaman sayuran secara hidroponik untuk menghasilkan produk sayuran dengan produktivitas yang tinggi dan berkualitas meski dalam lahan yang terbatas dan dapat aplikasikan pada kondisi apa pun.

Gambar 2. Hasil panen tanaman kangkung dan selada hijau keriting
Gambar 3. Penyerahan hasil panen kepada Dr. Mia Rosmiati (kiri) dan Dr. Rina Ratnasih Purnamahati (kanan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *