Pengantar

KK Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk atau (ABT) diketuai oleh Dr. Robert Manurung, dan beranggotakan 11 dosen. Secara garis besar, roadmap riset dan pengembangan KK ini bergerak menuju pembangunan sistem Pertanian–Bioindustri berkelanjutan di Indonesia, yang dimulai dari:

Penelitian untuk peningkatan produktivitas tanaman sebagai sumber utama bioindustri, seperti pangan, pakan, bahan bakar nabati, biokimiawi, serat dan lainnya; dilanjutkan dengan penelitian dan pengembangan proses konversi untuk menghasilkan bioproduk dengan spesifikasi yang diinginkan.

Sejak 2004 penelitian dan pengembangan bioproduk yang ditekuni salah satu anggota KK ABT adalah proses produksi biofuels (Pure Plant Oil, Biodiesel, dan Ethanol) dan biochemicals . Salah satu teknologi yang dipatenkan di Indonesia melalui Institut Teknologi Bandung adalah teknologi produksi biodiesel terintegrasi. Teknologi biodiesel ini terus diuji dengan bahan baku dari bebagai sumber lipida di Indonesia. Dalam lima tahun ke depan, penelitian dan pengembangan ditujukan kearah hulu yaitu pengolahan hasil pertanian untuk menghasilkan produk etanol dan lipida yang terintegrasi dengan pertanian.